Pentingnya Backup data


Backup lah data-data penting Anda
Dipost kan oleh : Zacky Zck MVC
Februari,  26-2012

Backup data itu sangat penting, backup data adalah untuk mengantisipasi data kita dari kerusakan atau hilasng. Sehingga apabila data kita hilang kita masih mempunyai salinan data tersebut. Saya menulis ini untuk meningatkan anda apabila nanti suatu saat kehilangan data data penting pada flashdis atau HardDrive anda. Bayangkan saja misalnya anda telah mengumpulkan berbagai jenis Software atau Applikasi yg telah anda kumpulkan selama berbulan bulan atau bahkan mungkin tahunan, tiba tiba hilang begitu saja karena terformat secara tidak sengaja atau HardDisk anda rusak. Dan Tentu hal itu sangat menyedihakn bukan?. Berapa banyak waktu dan biaya yg terbuang untuk itu.
Artikel ini saya tulis karena hal ini pernah saya alami, sekedar berbagi pengalaman waktu itu saya ingin memperbaiki flashdis teman saya rusak. Saat saya akan memformat FD tersebut namun berulang-ulang saya lakukan tapi fd tersebut tidak bisa terformat, yg terakhir saya coba untuk memformat fd itu lagi, saat itu lah terjadi hal yg tak pernah saya bayangkan sebelumnya, Hard Drive tempat penyimpanan semua data penting dan master applikasi yg telah saya kumpulkan selama berbulan-bulan lamanya hari itu terformat habis.
Untuk itulah saya menyarankan kepada anda semua yg membaca artikel ini, backuplah data-data anda sebelum terjadi hal hal yg tak di inginkan. Backup data bisa dilakukan dengan media Flashdisk, HardDisk External, CD/DVD dll. Jika anda tidak mempunyai HDD atau FD saya menyarankan maka backup data dengan CD/DVD lebih aman, karena bisa disimpan selama bertahun tahun asal anda pandai merawatnya. Pembackup-an data dengan FD lebih mudah terjadi kehilangan dan kerusakan karen disebabkan beberapa hal seperti terjatuh, terendam di air dan yg lebih sering adalah terinfeksi virus.
Jika suatu saat HDD anda terformat dan anda ingin data anda kembali, ada applikasi yg bisa membantu untuk menembalikan data yg terformat tersebut. Applikasi tersebut bernama RECUVA dan UNFORMAT. Applikasi ini bisa dengan mudah anda dapatkan di internet.
Untuk applikasi UNFORMAT bisa anda dapatkan di:
1.     Download di Internet
2.     Dengan Applikasi MS-DOS
3.     Tersedia di Menu Awal Windows XP Crystal


Untuk cara penggunakan Applikasi ini bisa anda cari tutorialnya di internet atau Si Mbah Google.com.

Semoga artikel ini bermanfaat. Bagi anda yg ingin sharing pengetahuan dan pengalaman seputar komputer silahkan post kan tulisan anda di TKJ COMMUNITY SMKN 2 TBH.




2012, Zacky Zack Mvc

Komentar

Postingan populer dari blog ini

membuat iso file dengan asshampo

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Menggunakan Microsoft Word